Home » Penyakit » alergi pada kulit

alergi pada kulit

December 18th, 2011 Penyakit

alergi pada kulitAlergi pada kulit tidak asing lagi bagi sebagian orang. Alergi ini muncul ketika suatu zat pemicu alergi mengalami kontak dengan kulit penderita. Reaksi alergi muncul dengan tiba-tiba dan dapat menghilang setelah beberapa jam.

Setelah terkena kontak dengan pemicu alergi, biasanya kulit mengalami peradangan. Pemicu alergi dapat berupa debu, serbuk dari, sengatan lebah, obat-obatan, udara, dan sebagainya yang tidak menimbulkan efek bagi orang normal.

Gejala dan Tipe Alergi pada Kulit

Penderita alergi kulit dapat mengalami gejala-gejala seperti ruam kulit, kulit melepuh, kulit bersisik, dan gatal-gatal.

Alergi pada kulit terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

Dermatitis
Ruam muncul ketika kulit menyentuh zat pemicu alergi. Ruam dan gatal biasanya terjadi 30 menit setelah menyentuh objek. Kulit dapat mengalami peradangan. Pada saat radang sebaiknya kulit tidak digaruk dan dalam kondisi tidak tertutup.

Eksim
Eksim sering menyerang anak-anak. Tandanya adalah kulit kemerahan dan gatal sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman. Tujuh dari seribu orang mengalami eksim dan sebagian besar anak-anak berusia 2 bulan hingga 5 tahun. Eksim merupakan dermatitis tingkat lanjut dan dapat menimbulkan lepuhan dan koreng pada kulit.

Gatal-Gatal
Gatal-gatal pada kulit tidak berbahaya. Biasanya timbul seperti bintik atau benjolan kecil yang berwarna kemerahan dan gatal. Gatal-gatal ini dapat terjadi di satu bagian atau seluruh tubuh.

Biasanya dokter akan memeriksa kondisi kulit dan memeriksa sejarah alergi pada keluarga Anda. Penyebab alergi dapat berupa makanan yang Anda konsumsi, obat-obatan, atau bakat alergi. Jika ingin mengetahui zat apa saja yang menyebabkan alergi pada kulit, Anda dapat pergi ke dokter atau rumah sakit untuk melakukan uji alergi.

Penanganan Alergi pada Kulit

Penanganan alergi kulit tergantung dari kasus dan tingkat keparahan si penderita. Penanganan yang umum dilakukan di antaranya dengan pemberian antihistamin. Antihistamin dapat diberikan dalam bentuk oral (kapsul atau tablet), salep, dan suntikan. Salep antihistamin meringankan gatal dan kemerahan pada kulit. Antihistamin oral memblokir sistem imun sehingga tidak menyerang zat pemicu yang menyebabkan alergi.

Pencegahan Alergi pada Kulit

Untuk mencegah terjadinya alergi, Anda dapat menerapkan langkah-langkah berikut.

Gunakan produk bebas pewangi. Pewangi dalam pelembab, sampo dan sebagainya dapat menimbulkan alergi kulit.
Gunakan pelembap berkualitas baik. Kulit yang kering lebih sensitif terhadap pemicu alergi.
Gunakan produk hipoalergenik.
Hindari pemicu alergi. Sebaiknya Anda membiasakan diri membaca label makanan untuk menghindari zat tertentu yang menjadi penyebab alergi.

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Leave comment for alergi pada kulit





Related Post to alergi pada kulit

khasiat cengkeh untuk sakit gigi

13/11/2011
Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil rempah, salah satunya adalah tanaman cengkeh. Tanaman tropis yang berasal dari Maluku ini sudah banyak dibudidayakan untuk...

Apa Itu Penyakit HIV AIDS?

05/09/2013
HIV AIDS jika dijabarkan berarti Human Immunodeficiency Virus / Acquired Immune Deficiency Syndrome merupakan sekumpulan gejala serta infeksi dan sindrom yang muncul akibat rusaknya...

penyembuhan asam lambung

28/02/2012
penyembuhan asam lambung bisa di lakukan dengan berbagai cara, sebagai mana kita ketahui gaya hidup dan pola makan kembali terbukti memengaruhi kesehatan lebih baik...

manfaat anggur untuk penyakit jantung

08/03/2012
Manfaat anggur sebagai minuman beralkohol sudah banyak diteliti. Namun, konsumsi buah utuh anggur juga tak kalah hebat. Tak tanggung-tanggung, buah itu diyakini dapat mengurangi...